Memahami Elemen, Desain, dan Model Struktur Organisasi dalam Perusahaan

  • Spesialisasi Pekerjaan

Unsur yang pertama adalah spesialisasi pekerjaan atau dalam bahasa populer dikenal dengan istilah pembagian jobdesc (job desctription). Dalam elemen ini, dilakukan penjabaran terperinci pekerjaan atau tugas-tugas yang harus dilakukan dalam spesialisasi bidang tertentu.
Contohnya saja dalam pabrik pembuatan roti yang besar, spesialisasi pekerjaan dibagi menjadi beberapa bagian. Ada yang bertugas pada bagian pengadonan, pemanggangan, pengemasan hingga pendistribusiannya. Masing-masing dilaksanakan oleh orang yang berbeda-beda.
bidang personalia yang merupakan departemen yang dibentuk berdasarkan fungsi. Bagian ini bertugas mengelola fungsi pengadaan tenaga kerja beserta pengembangan kualitasnya. Contoh lainnya misalnya departemen-departemen pemasaran wilayah, bidang ini dibentuk berdasarkan wilayah geografis.

    Struktur Tim

Organisasi dengan desain modern menggunakan elemen desentralisasi. Bekerja dengan menggunakan tim sebagai perangkat utama dalam pengambilan keputusan. Ciri khas dari desain ini adalah dalam efisiensi koordinasi dengan meminimalisir bahkan menghilangkan kendala departemental.

Keunggulannya adalah, personel dapat didorong menjadi generalis yang merangkap spesialis (multitasking). Semua anggota terlibat dan mampu diberdayakan dalam tugas-tugas yang ada. Namun kelemahan ada akibat desentralisasi, yaitu tidak adanya satuan komando yang jelas.

    Organisasi Virtual

Dikatakan virtual karena aktivitas atau fungsi-fungsi utama dalam organisasi ini dialihkan atau disubkontrak kepada pihak luar. Untuk bisa mendapatkan sumber daya dari luar, organisasi virtual ini memiliki aktivitas utama dengan menciptakan sebuah jejaring yang berisi fungsi-fungsi yang dibutuhkan.

Organisasi ini berisi tim kecil yang aktivitas utamanya adalah mengkoordinasikan tugas-tugas yang dialihkan kepada pihak lain. Memiliki keunggulan dalam kecepatan pengambilan keputusan dan sangat fleksibel. Namun kelemahannya ada pada resiko konflik akibat kurang adanya kontrol manajemen.

    Organisasi Nirbatas

Desain ini memungkinkan siapa saja untuk bekerja berdasarkan gagasan bebas dan arus informasi yang ada. Hal ini dilakukan untuk mendorong inovasi, efisiensi dan mengakomodasi perkembangan yang berubah secara drastis dan tidak terprediksi.

Sumber :  https://ramesia.com/struktur-organisasi/

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Kopi Greng untuk Kesehatan dan Kekebalan Tubuh

Potensi Usaha Es Tebu yang Memiliki Keunikan

Usaha Produksi Snack yang Potensial