Ketahui Cara Membuat Minyak Goreng

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun diakui sebagai minyak yang paling baik dan sehat untuk digunakan dalam proses memasak, khususnya minyak zaitun murni. Minyak yang berasal dari kawasan Mediterania ini semakin populer di dunia karena memiliki banyak manfaat.
cara membuat minyak goreng
Beberapa khasiat minyak zaitun adalah membantu menjaga kadar kolesterol jahat di dalam tubuh agar tetap rendah dan meningkatkan kadar kolesterol baik, karena merupakan sumber lemak tidak jenuh tunggal. Bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi, sangat disarankan untuk hanya menggunakan minyak zaitun saja, bukan minyak lainnya.
Manfaat lainnya adalah menjaga kesehatan jantung, karena mengandung zat antioksidan (polifenol) yang tinggi. Minyak ini juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal seperti Omega-3 yang bersifat sebagai anti-inflamasi dan mengandung vitamin, mineral, dan protein yang bermanfaat untuk merawat rambut dan kulit.
Sayangnya, harga minyak yang super sehat ini cukup mahal. Untuk menghemat, minyak zaitun tidak perlu digunakan setiap kali memasak. Untuk menggoreng, gunakan minyak goreng biasa, sedangkan minyak zaitun khusus digunakan ketika mengukus dan menumis sayuran, atau sebagai bahan campuran dalam pembuatan salad dressing.

Khasiat yang dimiliki oleh minyak kacang tanah sangat banyak, di antaranya untuk mengatasi sembelit, sebagai sumber energi, membantu menurunkan berat badan, dan mengatasi diare. Konsumsi minyak tanah juga bisa membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit berat, seperti peradangan kronis, kanker, hipertensi, penyakit jantung, diabetes, dan sebagainya.

Saat ini, minyak goreng yang paling populer di Indonesia adalah minyak kelapa sawit. Padahal, dari penelitian, minyak kelapa jauh lebih sehat dibandingan dengan minyak kelapa sawit. Namun, kualitas minyak kelapa pun berbeda-beda. Minyak kelapa yang baik dan sehat bisa dikenali dari ciri-cirinya, yaitu:
  1. Warnanya jernih, tidak terlalu kuning.
  2. Memiliki bau yang khas dan tidak tengik.
  3. Tidak mudah beku, yang menandakan minyak tersebut hanya mengandung sedikit lemak jenuh.
Selain memilih minyak goreng yang baik dan sehat, perhatikan juga cara pemakaiannya. Minyak goreng sebaiknya hanya digunakan satu kali saja, atau maksimal tiga kali. Setelah itu, minyak sebaiknya dibuang. Pemakaian minyak goreng yang berulang-ulang dapat menyebabkan terlepasnya zat-zat karsinogen dari minyak dan terserap oleh makanan.
Untuk menjamin kualitas minyak kelapa yang digunakan, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri. Caranya relatif mudah dan bahannya pun tidak sulit didapatkan.  Bagian kelapa yang digunakan untuk membuat minyak goreng adalah dagingnya, yang sebelumnya harus diolah terlebih dahulu untuk menghasilkan santan.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-minyak-goreng/

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Kopi Greng untuk Kesehatan dan Kekebalan Tubuh

Usaha Produksi Snack yang Potensial

Potensi Usaha Es Tebu yang Memiliki Keunikan